Wow! Menonton Olahraga Ini Ternyata Menyehatkan

Hampir setiap pekan ada jutaan orang di seluruh dunia yang sedang menyaksikan pertandingan sepakbola. Baik secara langsung di dalam stadion, maupun dibalik layar televisi. Sejumlah hasil penelitian terbaru mengungkapkan bahwa terdapat kelebihan tidak terduga yang bernilai positif bagi kesehatan tubuh ketika menonton sepakbola.

Menonton Sepakbola

Hanya dengan menonton sepakbola dapat meningkatkan kesehatan tubuh

Salah satu penelitian tersebut menyatakan bahwa dengan menyaksikan olahraga paling populer di dunia saat ini bersama sanak keluarga dapat meningkatkan hubungan antar anggota keluarga Anda.

Lawrence Wenner seorang profesor yang berasal dari Loyola Marymount UnLoyola Marymount University iversity mengatakan. “Banyak orang beranggapan bahwa akan ada perbedaan pendapat yang timbul ketika Anda menonton sepakbola bersama seseorang. Akan tetapi, hasil ilmiah membuktikan sebaliknya,”

“Seorang wanita yang menghabiskan waktu bersama pacar ataupun suaminya untuk menyaksikan pertandingan sepakbola merupakan waktu yang berkualitas. Tidak peduli apakah wanita itu fanatik kepada jenis olahraganya atau tim tertentu. Selama mereka berdua menghabiskan waktu bersama dengan menonton olahraga, maka mereka adalah pasangan yang akan terhindar dari ketiakpuasan dan rasa stres.”

Wenner menambahkan bahwa suatu hubungan (berkeluarga, berpacaran, pernikahan) yang berjalan baik akan membuat organ tubuh Anda menjadi lebih sehat. Terlebih organ penting seperti jantung. Dengan jantung yang lebih sehat, maka kualitas hidup Anda akan semakin membaik dan dapat memperpanjang usia.

Hormon Testosteron Meningkat

Tidak hanya itu, apabila tim kesebelasan sepakbola yang Anda dukung meraih kemenangan, maka hormon testosteron Anda akan meningkat. Hal itu berarti bahwa libido Anda juga akan meningkat dan memberikan energi positif ke seluruh tubuh yang akan membawa Anda hingga tidur (atau berbagai hal yang akan Anda lakukan menjelang tidur).

Sepakbola

Hormon testosteron akan meningkat ketika menonton sepakbola

Informasi tambahan, sejumlah peneliti asal University of Western Sydney mengungkapkan bahwa ketika seseorang menyaksikan pertandingan sepakbola, maka irama nafas dan detak jantung akan naik. Tentunya hal itu setara dengan Anda melakukan workout, meskipun tidak sepositif hasil workout tentunya.

Rata-rata orang dapat membakar kalori ketika menyaksikan suatu pertandingan sepakbola. Hal itu juga berarti bahwa pada saat Anda menonton sepakbola, maka secara tidak Anda dapat mengurangi risiko berbagai penyakit.

Selain Itu, Keuntungan Sosial Juga Anda Dapatkan

Berbagai keuntungan diatas yang dapat Anda peroleh ketika menonton sepakbola juga dapat ditambahkan dengan sejumlah keuntungan dari segi sosial. Menyaksikan olahraga bersama keluarga maupun rekan merupakan suatu hal yang sangat peting untuk kita lakukan setiap waktunya, seiring dengan bertambahnya usia kita.

Hubungan Sosial

Menonton sepakbola juga akan meningkatkan hubungan sosial antar sesama

Dengan hubungan sosial ini akan membantu kita tetap aktif, mengurangi rasa stres dan secara keseluruhan dapat membuat diri kita tetap terjaga. Suatu hubungan sosial yang begitu kuat akan mampu mengurangi beberapa risiko penyakit. Pasalnya, hal itu membuat kita tetap aktif, baik secara mental maupun fisik.

“Hal itu semua dapat Anda dapatkan dengan catatan khusus, yakni Anda harus menghindari konsumsi alkohol dan merokok secara berlebihan ketika melakukan aktivitas tersebut. Anda dapat menggantinya dengan mengkonsumsi makanan yang lebih sehat, seperti roti, snack dan air putih tentunya,” tutup Wenner.

Interaksi yang terjadi antara Anda dengan kerabat dalam menyaksikan pertandingan sepakbola itu lah yang akan mempererat hubungan antar sesama. Selain itu, interaksi juga terjadi di tempat-tempat nonton bersama. Meskipun Anda tidak mengenal seseorang sebelumnya, namun dengan hanya Anda menyukai tim yang sama dengan seseorang itu. Maka interaksi juga akan tercipta.

Anda akan mendapatkan teman baru. Dan tidak menutup kemungkinan Anda akan menjalin suatu hubungan yang lebih jauh. Misal, hubungan bisnis, atau hubungan asmara.

Comments are closed.