Sehat! Berbagai Manfaat Sepakbola Untuk Anak

Tak perlu diragukan lagi bahwa sepakbola merupakan jenis olahraga yang sangat populer di dunia. Permainan yang dimainkan oleh 11 pemain ini tidak hanya populer, tetapi juga sangat menyehatkan untuk badan.

Sepakbola Anak-anak

Sepakbola tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi juga untuk anak-anak

Olahraga yang mulai dikembangkan di tanah Inggris ini tidak hanya baik untuk dimainkan oleh para dewasa. Namun juga sangat baik untuk dimainkan oleh para anak-anak. Mungkin anak-anak Anda ada yang bercita-cita sebagai seorang pesepakbola hebat seperti Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh salah satu media terpercaya, terdapat berbagai alasan untuk memainkan olahraga sepakbola ini di halaman belakang hunian Anda bersama sang buah hati. Dan berikut ini beberapa manfaat kesehatan bagi anak-anak yang memainkan sepakbola.

Sepakbola Itu Menyehatkan Untuk Anak-Anak

Kesehatan Anak-Anak

Berbagai manfaat sepakbola untuk kesehatan anak-anak

  • Berat Badan Menjadi Lebih Sehat Dengan Berlari

Berdasarkan survei Pemeriksaan Kesehatan Gizi Nasional yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengungkapkan bahwa 17 persen anak-anak yang berada di Amerika Serikat di antara usia 2 hingga 19 tahun mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Dengan memainkan olahraga sepakbola, maka secara perlahan dapat mengurangi angka persentase tersebut. Pasalnya, sepakbola memiliki ukuran lapangan yang cukup besar. Sehingga para pemainnya akan berlarian dari sudut ke sudut. Dengan begitu, organ vital dalam tubuh, yakni jantung akan berdebar begitu cepat. Selain itu, juga dapat membakar kalori dalam tubuh yang membuat berat badan menjadi lebih proposial.

  • Menjaga Otot Tetap Kencang

Memang berbagai jenis olahraga lainnya juga membuat otot lebih kencang. Akan tetapi, sepakbola tidak hanya mengandalkan kekuatan kaki semata, tetapi juga seluruh tubuh. Mulai dari menyundul, menggunakan dada untuk mengontrol bola, menendang dan berbagai teknik lainnya. Sehingga akan memaksa para pemainnya untuk menguasai koordinasi antar organ tubuh. Supaya dapat berjalan dengan baik.

  • Mengasak Kemampuan Otak

Selain membuat badan menjadi lebih segar dan otot menjadi lebih kencang. Sepakbola ternyata juga dapat mengasah kemampuan otak bagi anak-anak. Bagaimana tidak, seorang pemain sepakbola harus memutuskan keputusan yang cepat ketika berada di atas lapangan.

Sebagai contoh seorang penyerang ketika mendapatkan bola di depan gawang dan melihat teman di sebelahnya berada pada posisi kosong. Pemain tersebut harus dengan cepat mengambil keputusan, apakah ingin menendang bola langsung ke arah gawang atau memberikan umpan ke temannya. Sehingga, membuat anak-anak yang memainkannya menjadi lebih cepat berkembang.

  • Keserdehanaan

Tidak seperti olahraga lainnya yang ketika memainkannya membutuhkan berbagai peralatan. Untuk memainkan sepakbola, Anda hanya membutuhkan bola dan sepasang gawang yang diletakkan di sisi kanan dan sisi kiri. Pemainnya pun hanya perlu menggunakan sepatu, jersey dan kaos kaki serta pelindung tulang kering. Tak perlu mengenakan helm, tongkat, raket maupun lain sebagainya.

Mengutamakan Kerja Sama Tim

Sepakbola dimainkan oleh 11 orang dan lawannya juga memiliki jumlah yang sama. Tidak mungkin dapat dimenangkan hanya mengandalkan satu orang saja. Dibutuhkan kerja sama antar pemain dalam satu tim demi meraih kemenangan. Dengan begitu, akan membuat anak Anda belajar bagaimana caranya berbagi dan tidak mengutamakan diri sendiri alias egois.

Sepakbola Anak-Anak

Sepakbola merupakan olahraga yang mengandalkan kerja sama tim

Anak Anda akan tumbuh dengan pribadi yang baik jika sejak kecil diajarkan bagaimana caranya untuk membangun kerja sama demi meraih satu tujuan yang sama. Dan sepakbola mengajarkan hal tersebut. Kerja sama menjadi kunci utama dalam memainkan olahraga yang mulai berkembang di daratan Inggris tersebut.

Comments are closed.