Jangan Salah Minum! Ini Jenis-Jenis Minuman Olahraga

Pada saat Anda melakukan olahraga, tentunya cairan dalam tubuh Anda akan cepat terkuras. Sehingga membuat kondisi tubuh Anda akan cepat merasa lelah. Di saat itulah tubuh membutuhkan minuman yang berguna sebagai pengganti ion tubuh.

Minuman Olahraga

Cepat merasa lelah ketika berolahraga? Sebaiknya konsumsi minuman ini

Namun tentu tidak semua jenis minuman baik untuk kita konsumsi ketika berolahraga. Terdapat beberapa jenis minuman yang cocok untuk dikonsums, baik sebelum, selama atau sesudah melakukan aktivitas olahraga.

Umumnya, minuman olahraga telah mengandung beberapa zat yang sangat membantu dalam mengembalikan ion tubuh. Seperti elektrolit dan karbohidrat. Dimana kedua zat tersebut sangat diperlukan oleh tubuh ketika berolahraga.

Lantas, apa saja jenis minuman yang sebaiknya kita konsumsi pada saat berolahraga? Berikut ini tiga jenis minuman olahraga yang telah mengandung elektrolit, karbohidrat dan cairan yang memiliki takaran berbeda-beda.

Tiga Jenis Minuman Olahraga

Jenis minuman olahraga

Berbagai jenis minuman olahraga

  • ┬áHipotonik

Minuman olahraga dengan jenis hipotonik merupakan minuman yang memiliki kandungan gula dan konsentrasi garam yang paling rendah dibandingkan yang terdapat di dalam tubuh.

Jenis minuman ini dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang pada saat berolahraga melalui keringat dengan cepat. Dan tubuh akan menyerap kandungan gula yang terkandung pada minuman hipotonik ini.

Formula yang terkandung pada minuman ini akan memberikan energi ke tubuh Anda yang cukup tinggi dalam waktu yang begitu singkat. Dengan begitu, Anda akan jauh lebih maksimal dalam melakukan berbagai gerakan olahraga.

Hipotonik dapat diminum selama Anda melakukan kegiatan olahraga. Pada umumnya, minuman ini sangat tepat untuk seorang atlet yang membutuhkan cairan tanpa perlu meningkatkan asupan karbohidrat, semisal atlet gimnastik.

  • Isotonik

Minuman olahraga kedua yang baik untuk Anda konsumsi adalah jenis isotonik. Jenis minuman ini memiliki kandungan konsentrasi garam dan gula yang kadarnya sama dengan di dalam tubuh.

Dengan demikian, cairan tubuh yang hilang pada saat berolahraga dapat tergantikan dengan seketika. Ditambah akan menyediakan karbohidrat dengan jumlah yang tinggi untuk keperluan tubuh.

Kadar yang terdapat di jenis minuman ini seimbang dengan yang berada di dalam tubuh, maka penyerapan menjadi sedikit lambat. Meski begitu, energi yang tersedia akan jauh lebih bertahan lama bagi tubuh.

Adapun waktu yang tepat untuk mengkonsumsi minuman ini yakni sebelum memulai olahraga. Terlebih bagi Anda yang merupakan seorang atlet dengan waktu latihan yang cukup panjang.

  • Hipertonik

Apabila kedua jenis minuman sebelumnya memiliki kadar rendah dan seimbang dengan tubuh, jenis minuman olahraga ketiga ini justru mengandung konsentrasi garam dan gula yang tinggi, sesuai dengan namanya hipertonik.

Selain dua kadar tersebut yang tinggi, hipertonik juga memiliki kadar protein yang tinggi. Sehingga akan jauh lebih lama diserap oleh tubuh.

Umumnya, minuman olahraga ini dikonsumsi setelah Anda melakukan serangkaian kegiatan olahraga yang melelahkan. Demi memenuhi kebutuhan karbohidrat dan cadangan glikogen yang terkandung pada otot akan meningkat.

Fungsi Penting Minuman Olahraga

Setelah mengetahui jenis-jenis minuman olahraga, selanjutnya Anda patut untuk mengetahui fungsi penting dari minuman tersebut. Berikut ini fungsi utama minuman olahraga.

Minuman olahraga

Minuman olahraga dapat dengan cepat mengembalikan ion yang hilang ketika berolahraga

  • Hidrasi

Dua jam sebelum melakukan olahraga, The American College of Sports Medicine menyarankan untuk meminum setidaknya 500 ml air. Hal itu tentu bertujuan demi memperoleh tingkat hidrasi yang cukup. Dan juga memberikan waktu bagi tubuh dalam ekskresi.

  • Sumber Energi

Minuman olahraga yang mengandung karbohidrat sangat berguna untuk memberikan energi bagi tubuh dalam beraktivitas. Sehingga akan membuat Anda tidak cepat merasa lelah.

Comments are closed.